PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Menyimak Berita Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran menyimak berita melalui model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action researh), yang berlangsung selama dua sikus. Alur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 85% siswa mendapat skor ≥ 65. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dalam pembelajaran menyimak berita. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil tes siklus 1 diketahui 73,17 dan hasil tes siklus 2 rata-rata 76,83. Ditinjau dari pencapaian ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 diperoleh 80% dan siklus 2 diperoleh 90%. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10%.

Kata kunci :

hasil belajar siswa, pembelajaran menyimak berita, model pembelajaran cooperative script

Catatan:

Untuk membaca hasil penelitian ini secara lengkap dapat diklik  [ di sini ]

26 Tanggapan to “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA”

  1. Nis Says:

    Boleh, dong minta soft copy pembelajaran cooperative script-nya….

    • Admin Says:

      Insya Allah,…..

  2. dewi rahmawati Says:

    klo boleh mw minta soft copy nya ttg cooperative script dunk..thx

  3. dian sundari Says:

    boleh ga, saya minta sumber-sumber tentang cooperative script, soalnya saya juga lagi nyusun dengan judul cooperative script tapi sumbernya sangat jarang…kalo boleh juga minta soft copy penelitian anda.makasih..

  4. Iswahyudi UNNES Says:

    ada bukunya ga? soal skrip kooperatif?

  5. ati Says:

    ada bukunya ga?kalo ada bisa beritahu judul bukunya,pengarangnya siapa penerbitnya siapa?MaAksih

  6. muhammad yusuf Says:

    saya cuma mau tanya,tlong jelaskan model cooperative Script memang cocok yah,dalam penerapan menyimak berita,,berikan alasannya,,soalnya kata dsen penguji saya,itu model pmbelajaranx tdak cocok untuk meyimak<<thaks sblmx

  7. ROSMAWATI Says:

    tolong donk bantuin….pusing ne mikirin bukuCooperative script,sbenr’a bku’a ada gk sech?

  8. asri Says:

    saya butuh referensi yang lebih lengkap, bisa bantu ga. soalnya bahan yang saya ambil dari buku yang saya punya blm mencukupi

    • husni Says:

      kalau boleh tau buku yang teh Asri punya tentang cooperative script judulnya apa?

  9. burhan Says:

    aq mnyusun smoga mendap refren

  10. nayya Says:

    minta copyannya dunk………
    ge butuh banget ne……….please………..

  11. Ratih utari Says:

    ass, kalo boleh kuw minta file2 tentang cooperative script soalnya kuw lagi nyusun skripsi tentang cooperative script. tq b4

  12. dewi elvina Says:

    hay,,,, salam kenal ya. saya mau tanya refensi-referensi tentang cooperatif script dunk. saya udah cari bukunya kmana-mana tp belum dapat. saya juga lg nyusun skripsi tentang cooperative script. mohon bantuannya ya. mksh sblmnya.

  13. sis_whaty Says:

    as5…
    slam kenal….
    ada gk sumber _Y gk tntang kooperative scrip ini lw ada mintak dong…
    cz butuh bnget ni…..

  14. servis gea Says:

    salam kenal.saya bernama ande, boleh nggak saya minta bantu tolong kirimkan ma aku nama buku referensi cooperatif script. aku dan cari bukunya di toko buku, namun sampai sekarang saya masih belum menemukan, kalau saudara mau bantu saya tolong kirimkan ma saya nama-nama buku yang saudara gunakan itu.melalui alamat neh servis_gea@yahoo.com

  15. syiria Says:

    sy sdg menulis skripsi dgn metode ini, tp sy tidak menemukan buku atau referensinya. tlg bri tw sy nama buku referensinya, klo blh, sy jg minta sumber2nya.
    terima kasih

  16. MARIATI Says:

    Assalamu’alaikum, kebetulan saya lagi menyusun tentang judul yang berkaitan dengan metode cooperative script. namun saya masih bingung tentang bukunya karena buku yang saya dapatkan melalui online belum bisa 100 persen apakah isinya berkaitan dengan judul saya atau tidak. mohon bantuannya, tolong kirimkan sumber – sumber yang berkaitan dengan cooperative script secepatnya. terimakasih sebelumnya .
    wassalam,
    MARIATI
    Mahasiswi UNISI TEMBILAHAN

    Balas.

  17. syaifulloh Says:

    minta soft copy pembelajaran cooperative script-nya dong, trims

  18. syaifulloh Says:

    bos admin.. halaman abstraknya lom lengkap,, identitas penulis, tahun, pembimbing, dst.. tolong bantuannya. sy lg garap PTK bahasa inggris dg model pembljaran coop. script. jd butuh telaah refrensi penelitian trdahulu. smg bs bantu scepatnya, trims
    ni email saya jabalqoser@gmail.com

  19. Havidz Says:

    assalamu’alaikum kawan… salam kenal, Qu mo minta tolong neh, minta data tentang teori cooperative script onk… coz, Qu mo nyusun skripsi tp teorinya lom Qu kuasai. mohon i bantu yua…. thanks a lot!

  20. inda amirl Says:

    tolong di balas pertanyaan – pertanyaan di atas coz saya jga butuh buku yang memuat lengkap tentang cooperative script…

  21. Dina Irsalina Siswanda Says:

    referensi tentang kooperatif script dmn ya??/kalo ada buku-bukunya apa saja ya? saya lg kepusingan nyari buku tentang cooperative script. Tolong di bantu yah ….

  22. ayu Says:

    assalalmualaikum… salam kenal sya ayu,saya boleh minta soft copy nya ga ttg refrnsiny ttg cooperative script sya juga lg buat skripsi ttg mtde /model tsb ,trims..

    • Dina Irsalina S (@dinutdina) Says:

      ayu…..sudah dpt referensi ttg cooperative script kah???

  23. Dina Irsalina S (@dinutdina) Says:

    assalamu’alaikum…saya dina ..lg nyusun skripsi jg ni,,butuh referensi ttg cooperative script.bolehkah saya minta sofcopy atau judul dan penerbit yg berkaitan dgn model trsbt????:balas please…


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

