PENTINGNYA MENJAGA KERAHASIAAN DATA SISWA


Di antara asas-asas bimbingan dan konseling, asas kerahasiaan merupakan asas yang sangat menentukan dalam layanan bimbingan dan koseling, hal ini juga menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Dengan kata lain proses bimbingan dapat berlangsung dengan baik jika guru pembimbing dapat menjamin kerahasiaan data siswa. Menjaga kerahasiaan data siswa sangat diperlukan agar siswa dapat dengan leluasa mengungkapkan permasalahannya tanpa ragu-ragu. Akan tetapi, jika guru pembimbing tidak dapat menjaga kerahasiaan data siswa, hal ini akan menghilangkan kepercayaan siswa terhadap guru pembimbing. Akibatnya, siswa merasa enggan mengungkapkan permasalahannya, secara jujur dan terbuka kepada guru pembimbingnya sehingga jalan keluar dari permasalahan siswa tersebut menjadi tak menentu.

Menurut Munro, dkk yang dikutip oleh Prayitno (2004:290), “menjaga kerahasiaan merupakan salah satu kode etik konseling.” Pada bagian lain Prayitno mengungkapkan pula bahwa menjaga kerahasiaan siswa itu merupakan janji konselor (orang yang memberi bimbingan) yang isinya sebagai berikut:

Menyatakan bahwa saya sanggup dan bersedia menerima, menyimpan, memelihara, menjaga, dan merahasiakan segala data atau keterangan yang saya terima, baik dari klien saya atau dari siapa pun juga, yaitu data atau keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui oleh orang lain.

Salah satu indikator guru pembimbing belum menaati asas kerahasiaan dapat diketahui dari gejala siswa yang masih segan bercerita secara terbuka dan jujur kepada guru pembimbing mengenai perihal permasalahannya. Keengganan mereka menceritakan permasalahan yang sesungguhnya kepada guru pembimbing karena adanya timbul kecurigaan siswa terhadap guru pembimbing yang kadang-kadang bercerita di depan kelas (tanpa disadari) dengan menampilkan contoh-contoh kasus yang isinya mirip dengan permasalahan yang dialami siswa yang bersangkutan. Tentu saja, siswa lain yang mendengarnya akan menaruh curiga, hal ini dapat menyebabkan siswa tersebut segan kemudian akhirnya takut jika berhadapan dengan guru pembimbingnya. Jika sudah demikian, pupuslah harapan guru pembimbing untuk menyelesaikan kasus yang sedang ditanganinya.***(atr)

About these ads

Satu Tanggapan to “PENTINGNYA MENJAGA KERAHASIAAN DATA SISWA”

  1. hartatiyumi siregar Says:

    sy pengen sharing tentang segala program dan kegiatan layanan BK di seluruh indonesia untuk mencari ilmu krn blm ada keseragaman tentang BK di sekolah-sekolah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: